SUMBER-SUMBER POKOK
Kitab Agama Tantra, Darsana dan Upanishad
Oleh :
Muhammad
Sapril
1111032100009
A.
PENDAHULUAN
Ajaran agama dalam Hindu didasarkan pada kitab suci atau susastra
suci keagamaan yang disusun dalam masa yang amat panjang dan
berabad-abad, yang mana di dalamnya memuat nilai-nilai spiritual keagamaan
berikut dengan tuntunan dalam kehidupan di jalan dharma.
B.
KITAB TANTRA
Tantra adalah cabang dari agama Hindu. Kebanyakan
kitab-kitab Tantra masih dirahasiakan dan arti sebenarnya dan yang sudah
diketahui masih merupakan teka-teki. Kebanyakan orang-orang Hindu, termasuk
para sarjana besar, pada umumnya tidak mendiskusikan Tantra.
Kata Sansekerta dari Tantra artinya
"memperluas" (to expand). Berbeda dengan agama Hindu pada umumnya,
sebagian dari Tantra percaya kepada kenikmatan hidup material. Tidak seorangpun
mengetahui secara tepat kapan Tantra mulai atau Mahareshi mana yang memulainya.
Bukti menunjukkan bahwa Tantrisme ada selama zaman Weda. Bahkan Sankara
menyebut keberadaannya dalam bukunya Saundarya Lahari. Ada sekitar seratus
delapan buku mengenai Tantra. Tantrisme dan Saktiisme hampir satu dan sama.
Dalam Tantrisme, Istadewa yang dipuja adalah Siwa-Sakti, kombinasi dari Siwa
dan saktinya Parwati.[1]
Mengenai naskah Tantra ada anggapan bahwa naskah atau
kitab tersebut diberikan oleh dewa Siwa kepada ummat Hindu untuk zaman Kali-yuga, sekarang ini (satu Kalpa terbagi menjadi 1000
mahayuga dan setiap mahayuga terdiri dari empat yuga, Krta-Yuga,
Trata-Yuga, Dvapara-Yuga, dan Kali-Yuga.) penyusunannya dilakukan
oleh para Resi. Kitab ini penuh dengan ajaran-ajaran rahasia dan silit dipahami
maksudnya. Pada garis besarnya, isi kitab Tantra merupakan dialog antara Siwa
dengan sakti istrinya Parwati yang menempati kedudukan terpenting sebagai inti
kekuatan dewa.[2]
Bagian terbaik dari Tantra adalah pengetahuannya
mengenai energi Kundalini yang luas yang belum dimanfaatkan di dalam tubuh
manusia. Tantra juga melakukan penelitian mengenai ilmu kimia, astrologi,
astronomi, palmistry (ilmu meramal melalui rajah tangan), cosmologi (ilmu
tentang alam semesta, awal, perkembangan, dan akhirnya) dan bahkan teori atom.
Mantra-mantra adalah hadiah dari Tantra kepada agama Hindu dan dunia. Yantra,
sket-sket dan bentuk-bentuk geometral yang dihubungkan dengan Mantra, juga
merupakan hadiah yang sama pentingnya dari Tantra kepada kemanusiaan.
1.
Menurut Ttantra Saraf Yang Paling Penting
Menurut
Tantra adalah tiga urat saraf yang peling penting, yaitu Sushumna, Ida dan
Pinggala, mulai dari Muladhara Chakra, di dasar tulang belakang. Sushumna
adalah yang paling penting dari semua saraf, atau Nadi, dan ia tidak kelihatan
dan sangat halus. Ia bergerak melalui jaringan pusat dari tulang belakang dan
bergerak jauh sampai titik paling atas dari kepala. Ida dan Pinggala bergerak
paralel dengan Sushumna di sebelah kiri dan kanan dari saraf tulang belakang.
Ida dan Pinggala bertemu dengan Sushumna di Ajna Chakra, titik yang terletak
antara alis mata. Mereka berpisah lagi dan mengalir melalui sisi kiri dan kanan
hidung.
2.
Chakra
Sepanjang Sushumna, ada tujuh pusat-pusat bathin (psychic centers) mulai
dari Muladhara Chakra. Mereka tak dapat dilihat dengan mata telanjang. Mereka
dipercaya berbentuk seperti bunga teratai dengan warna-warna yang berbeda, dan
masing-masing mengendalikan kegiatan dari organ indriya yang berbeda.
a. Muladhara Chakra (pada dasar dari
tulang belakang) memiliki empat daun bunga dan mengendalikan bau.
b. Swadishthana Chakra (pada dasar kelamin) memiliki enam daun bunga dan
mengendalikan rasa.
c. Manipura Chakra (di seberang pusar) mempunyai sepuluh daun bunga dan
mengendalikan pandangan.
d. Anahata Chakra (sejajar dengan hati) mempunyai duabelas daun bunga dan
mengendalikan sentuhan.
e. Wisuddha Chakra (pada jakun kerongkongan) memiliki enam belas daun bunga
dan mengendalikan pendengara.
f. Ajna Chakra (di antara alis) memiliki dua daun bunga dan mengendalikan
pikiran.
g. Sahasrara Chakra (terletak diatas titik paling atas dari kepala) mempunyai
seribu daun bunga. Disini Yogi telah meperoleh Kesadaran Kosmis.[3]
3.
Kundanili
Menurut Kitab-kitab Tantra, ada kekuatan hebat yang sangat rahasia di dalam
tubuh manusia yang disebut kekuatan Kundalini atau kekuatan ular. Ia berbaring
seperti seekor ular dalam gulungan atau bentuk yang tidak aktif pada dasar dari
tulang belakang di Muladhara Chakra. (Tiga dari saraf yang paling penting dari
tubuh manusia, Sushumna, Ida dan Pinggala, juga berawal dari titik yang sama).
Menurut Tantra, karena kekuatan yang hebat ini tetap tidur (dormant) selama
kehidupan seseorang, kebanyakan orang tidak menyadari keberadaannya. Dipercayai
bahwa ketika seorang manusia mengembangkan spiritualitas dengan meditasi atau
latihan Pranayama, kekuatan ini bangkit ke atas perlahan-lahan melalui saraf
Sushumna. Bergeraknya ke atas secara perlahan dari kekuatan Kundalini ini
dikenal sebagai kebangkitan dari Kundalini.
Kekuatan ini begerak ke atas secara perlahan-lahan dan mantap dan tidak
melesat ke atas dalam satu garis lurus. Ketika melewati setiap pusat batin
(psychic center), orang itu akan memiliki kendali penuh atas organ-organ
indriyanya. Misalnya, bila ia mencapai Manipura Chakra di seberang pusar, orang
itu akan mempunyai kendali penuh atas atas pandangan. Tidak ada Samadhi
(persatuan dengan Tuhan) yang dapat dilakukan tanpa kebangkitan kekuatan ini.
Dikatakan bahwa kekuatan Kundalini melewati keenam Chakra dan akhirnya bersatu
dengan Sahasrara di atas (tiara, crown) dari kepala. Ketika ini terjadi orang
tersebut telah mencapai kesadaran kosmis, bentuk tertinggi dari pengejawantahan
(Tuhan).
Orang-orang Hindu jarang membicarakan tentang Tantra. Karena sifat erotik
dari beberapa bagian kitab-kitab Tantra. Sayangnya, Tantra juga membahas
masalah-masalah magi hitam (black magic) dan latihan-latihan yoga-seks antara
pengikut wanita dan pria. Menurut Tantrisme, tindakan demikian itu akan
membantu para penganut untuk menjelajahi indriya mereka dari pada ditundukkaan
oleh mereka, dan untuk secara nyata mempergunakan energi seksual mereka untuk
peningkatan spiritual. Penganut wanita yang ambil bagian dalam latihan-latihan
erotik ini dianggap seorang Sakti. Terpisah dari apa yang kukatakan di atas,
dalam banyak praktek Tantrik para penganutnya mengikut "Lima M."
Yaitu Madya (anggur), Mamsa (daging), Matsya (ikan), Mudra (nasi keras) dan
Maithuna (persatuan seksual). Selama pelaksanaan upacara tertentu, para penganut
Tantra bahkan mengunakan obat-obatan dan kimia.
Salah satu dari praktek Tantrik dikenal dengan nama Chakra Pooja, atau
"pemujaan melingkar" (circle worship). Dalam upacara ini sejumlah
pasangan laki-laki dan wanita bertemu di tengah malam di tempat yang dipilih,
misalnya sebuah kuburan dan melakukan "hubungan seks suci" (holy
intercouse). Persatuan seks ini sangat rumit dan terperinci, mulai dengan
tindakan-tindakan "pemujaan badan." Banyak dari ukiran dan lukisan
erotik di India mengambarkan kegiatan-kegiatan Chakra Pooja ini. Sekalipun
kebanyakan agama, termasuk agama Hindu (menurut Hukum Manu), melarang hubungan
seks selama menstruasi, Tantra malah mendorongnya dengan keyakinan bahwa selama
periode ini energi seorang wanita ada pada puncaknya. Ada Mudra atau gerak
tangan yang khas Tantrisme, kebanyakan melambangkan kegiatan seksual. Bahkan
lambang AUM tampak dalam banyak Tantra sebagai sebuah simbol mistik yang
menekankan persatuan pria dan wanita. Tantrisme memiliki padanannya dalam
Jainisme dan juga Buddhisme, yang memiliki empat aliran Tantra.
Keberadaan dari Tantra di India adalah contoh lain dari toleransi Hindu. Di
dalam agama lain, proses berpikir seperti dalam Tantrisme sudah ditindas dengan
kekerasan.[4]
C.
KITAB DARSANA
Menurut ummat
Hindu, beribu-ributahun lamanya para Resi dan Muni melakukan meditasi sehingga
mampu memperoleh inspirasi dan mampu menginterpretasikan atau menafsirkan
ajaran-ajaran Hindu secara terinci. Tafsiran tersebut nampak pada kalangan
ummat Hindu sebagai aliram-aliran atau mashab filsfat yang disebut dengan
Darsana.[5]
1. Hubungan Veda
dengan Darsana
Veda merupakan sabda Brahman, wahyu Tuhan yang menjadi sumber ajaran dan
peganggan hidup agama Hindu, sedangkan Darsana pandangan para Maharsi tentang kebenaran dan kemutlakan ajaran Veda dan alam semesta. Darsana Astika menjadikan Veda sebagai sumber kajian. Yang mana tujuan dari Darsana
adalah untuk memperkuat pemahaman terhadap ajaran suci yang terkandung dalam
Veda. Dengan mendalami Darsana, akan memberikan pencerahan (kejernihan) dalam
mendalami dan mengamalkan ajaran Veda.[6]
2. Pokok-Pokok Ajaran Sad Darsana
a. Mimasa
Ajaran ini dibangun
oleh Maharsi Jaimini, memberikan dasar rasional bagi pokok-pokok permasalahan
di dalam Kitab Veda. Aliran itu meninjau aspek praktis dari satu persatunya
dengan memperpegangi pengertian-pengertian sepanjang harfiah (literal-meanings).
Kitab Veda itu dinyatakan bukan disusun langsung olehmanusia akan tetapi wahyu
langsung dari pihak Brahma. Aliran itu berpendirian bahwa alam semesta
(iniverse) itu bersifat abadi (eternal), bukan berakhiran suatu kemusnahan dan
lalu penciptaannya kembali.[7]
b. Yoga
Ajaran Yoga dibangun oleh Maharsi Patanjali, dan merupakan ajaran yang sangat populer di kalangan umat Hindu. Ajaran
yoga merupakan ilmu yang bersifat praktis dari ajaran Veda. Yoga berakar dari
kata Yuj yang berarti berhubungan, yaitu bertemunya roh individu (atman/purusa) dengan roh universal (Paramatman/Mahapurusa). Maharsi Patanjali mengartikan yoga sebagai Cittavrttinirodha
yaitu penghentian gerak pikiran.
Kitab Yogasutra, yang terbagi atas empat bagian dan secara keseluruhan mengandung 194
sutra. Bagian pertama disebut: Samadhipada, sedangkan bagian kedua
disebut: Sadhanapada, bagian ketiga disebut: Vibhutipada, dan
yang terakhir disebut: Kailvalyapada.
c. Nyaya
Ajaran Nyaya didirikan
oleh Maharsi Aksapada Gotama, yang menyusun Nyayasutra, terdiri atas 5 adhyaya (bab) yang dibagi atas 5 pada (bagian).
Kata Nyaya berarti penelitian analitis dan kritis. Ajaran ini berdasarka pada
ilmu logika, sistematis, kronologis dan analitis.
d. Vaisiseka
Ajaran Vaisiseka dipelopori oleh Maharsi Kanada, yang menyusun Vaisisekasutra. Meskipun sebagai sistem filsafat pada awalnya berdiri sendiri, namun
dalam perkembangannya ajaran ini menjadi satu dengan Nyaya.
e. Aliran Samkhya
Ajaran ini dibangun oleh Maharsi Kāpila, beliau yang menulis Saṁkhyasūtra. Di dalam sastra Bhagavatapurāna disebutkan nama Maharsi Kāpila, putra Devahuti sebagai pembangun ajaran
Saṁkhya yang bersifat theistic. Karya sastra mengenai Saṁkhya yang kini
dapat diwarisi adalah Saṁkhyakarika yang di tulis oleh Īśvarakṛṣṇa. Ajaran Saṁkhya ini sudah sangat tua umurnya, dibuktikan dengan
termuatanya ajaran Saṁkhya dalam sastra-sastra Śruti, Smrti, Itihasa dan Purana.
Kata Saṁkhya berarti: pemantulan, yaitu pemantulan filsafati. Ajaran
Saṁkhya bersifat realistis karena didalamnya mengakui realitas dunia ini
yang bebas dari roh. Disebut dualistis karena terdapat dua realitas yang
saling bertentangan tetapi bisa berpadu, yaitu purusa dan prakrti.
f. Aliran Vedanta
Ajaran Vedanta, sering
juga disebut dengan Uttara Mimamsa yaitu penyelidikan yang kedua, karena ajaran
ini mengkaji bagian Weda, yaitu Upanisad. Kata Vedanta berakar kata dari Vedasya
dan Antah yang berarti Akhir dari Weda. Sumber ajaran ini adalah kitab Vedantasutra
atau dikenal juga dengan nama Brahmasutra. Pelopor ajaran ini adalah Maharsi Vyasa, atau dikenal juga dengan nama Badarayana atau Krishna Dwipayana.[8]
D.
KITAB UPANISHAD
Arti yang asli dari kata Upanishad
itu ialah ”duduk berdekatan dengan kidmad”, dan juga mempunyai arti “ajaran
teramat rahasia.[9]
Istila Upanishad sendiri berasal dari kata upa, ni dan
shad: upani = dekat, di dekatnya; dan shad = duduk. Jadi, Upanishad berarti
“duduk dekat”, yaitu duduk di dekat seorang guru untuk menerima ajaran dan
pengetahuan yang lebih tinggi. Istila ini selanjutnya menjadi nama agama. Kitab
Upanishad berbentuk dialog antara seorang guru dan muridnya, atau antara
seorang Brahmana dengan Brahmana lainnya. Kitab Upanishad adalah salah satu bagian saja dari
kitab-kitab Aranyaka yang isinya menekankan pada ajaran rahasia yang bersifat
mistik dan megis.
Agama upanishad menentang
ajaran-ajaran agama Brahmana, terutama mengenai ajaran korban. Agama ini
didasarkan pada kitab-kitab Upanishad, yng merupakan kitab Weda yang paling
muda usianya. Jumlahnya sangat banyak, dan ada yang merupakan tambahan bagi
kitab-kitab Aranyaka. Isinya merupakan pemikiran falsafiyang berkisar seputar
arti dan tujuan hidup dan masalah yang berkaitan dengan hakekat manusia dan
alam semesta. Dari sini muncul beberapa konsep ajaran pokuk agama Hindu,
seperti konsep Brahman dan Atman.
Masalah asal-usul dan tujuan manusia
serta alam semasta digali secara mendalam dan mendasar dalam Upanishad. Isinya
banyak yang tidak lagi bersumber pada para Brahmana, bahkan kitab itu menjadi
penentang utama terhadap kekuasaan mutlak para Pendeta. Dibeberapa tempat Upanishad
mengecam keras dan mengutuk arti dan nilai korban serta ritus-ritus yang
diselengerahkan oleh para Brahmana.
Kitab-kitab Upanishad merupakan teks-teks India yang sangat
terkenal. Kitab ini telah diterjemahkan ke dalam bahasa Latin berdasarkan versi
Persia (1801-1802), juga dalam bahasa Eropa lainnya, dan dianngap besar
pengaruhnya di kalangan ahli fikir Barat.[10]
DAFTAR PUSTAKA
NP Putra, “Tantra,
Chakra dan Kekuatan Kundalini”, artikel diakses pada 7 November 2012 dari http://okanila.brinkster.net/mediaFull.asp?ID=1170&cat=
Ali
Mukti, Agama-Agama
Di Dunia, Yogyakarta: IAIN Sunan Kalijaga
Press,
1988
Sou’yb Joesoef. Agama-Agama Besar Di Dunia, Jakarta: PT. Al
Husna Zikra, 1983
[1]
NP Putra, “Tantra, Chakra dan Kekuatan Kundalini”, artikel diakses pada 7 November
2012 dari http://okanila.brinkster.net/mediaFull.asp?ID=1170&cat=
[2]
Ali Mukti, Agama-Agama Di Dunia, Yogyakarta: IAIN Sunan Kalijaga Press,
1988. Hal. 58
[3]
NP Putra, “Tantra, Chakra dan Kekuatan Kundalini”, artikel diakses pada 7 November
2012 dari http://okanila.brinkster.net/mediaFull.asp?ID=1170&cat=
[4]
NP Putra, “Tantra, Chakra dan Kekuatan Kundalini”, artikel diakses pada 7 November
2012 dari http://okanila.brinkster.net/mediaFull.asp?ID=1170&cat=
[5]
Ali Mukti. Agama-Agama Di Dunia, Yogyakarta: IAIN Sunan Kalijaga Press,
1988. Hal. 57
[6]
http://id.wikipedia.org/wiki/Sad_Darshana.
[7]
Sou’yb Joesoef. Agama-Agama Besar Di Dunia, Jakarta: PT. Al Husna Zikra,
1983. Hal. 57
[8]
http://id.wikipedia.org/wiki/Sad_Darshana.
[9]
Sou’yb Joesoef. Agama-Agama Besar Di Dunia, Jakarta: PT. Al Husna Zikra,
1983. Hal. 31
[10]
Ali Mukti. Agama-Agama Di Dunia, Yogyakarta: IAIN Sunan Kalijaga Press,
1988. Hal. 72, 73
Tidak ada komentar:
Posting Komentar